Gugup Saat Berbicara di Depan Umum? Ini Dia Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang introvert tidak pandai berkomunikasi. Salah satunya saya. Dulu saya adalah salah satu orang yang susah untuk berbicara di depan umum. Bahkan sekalinya bicara itu membuat saya gerogi dan hilang arah dari inti pembicaraan.

Tetapi sebenarnya ada penyebab kebanyakan orang sulit untuk berkomunikasi di depan umum. Berikut lebih lengkapnya.

Faktor yang Menyebabkan Gugup Saat Bicara di Depan Umum

Beberapa faktor yang mempengaruhi gugup saat bicara di depan umum antara lain.

1. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Kebanyakan orang gugup saat bicara di depan umum adalah karena kurangnya rasa percaya diri. Keterbelakangan fisik maupun mental yang banyak membuat orang menyerah sebelum mencoba.

2. Kecemasan Berlebihan

Mereka berpikir jika salah berbicara di depan umum maka akan terus diingat kesalahan tersebut. Tapi sebaliknya, kebanyakan orang akan mudah lupa dengan kesalahan kecil tersebut.

3. Pengalaman Buruk di Masa Lalu

Selain kedua tersebut, mungkin kebanyakan orang memiliki pengalaman buruk saat berbicara di depan umum. Dari mulai dicemooh oleh audiens ataupun tidak dipedulikan. Ini menjadikan mental melemah.

Tips Tidak Gugup Saat Bicara di Depan Umum

Adapun beberapa tips ini yang mungkin dapat membantu kamu untuk menghilangkan rasa gugup saat bicara di depan umum.

1. Bicara Lebih Santai

Ini adalah kunci utama yang harus kamu kuasai agar lebih percaya diri di depan umum. Karena ini akan membantu kamu berpikir lebih jernih saat menghadapi lawan bicaramu. Selain itu, lawan bicaramu juga akan dengan mudah memahami apa yang kamu maksudkan. Untuk cara ini, kamu bisa berlatih di depan cermin seolah-olah berbicara di depan umum.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Tidak hanya skill komunikasi saja yang harus kamu kuasai. Tetapi, kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Lebih mengetahui topik ataupun arah pembicaraan, menjadikan kamu lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapatmu. Kamu bisa berlatih mendengar pembicaraan teman atau sahabatmu lalu respon dengan baik.

3. Menjaga Kontak Mata

Untuk kamu yang introvert, mungkin cara ini terlihat sulit karena beberapa dri introvert merasa canggung untuk berkontak mata langsung dengan lawan bicara. Tidak harus terus menerus berkontak mata, kamu juga bisa melakukan metode 3 detik menatap mata lawan bicara lalu, 3 detik berikutnya menatap dahi lawan bicara. Lakukan metode ini untuk melatih rasa kurang percaya diri kamu.

Kesimpulan

Mungkin hanya ini yang ingin saya sampaikan. Kamu hanya introvert bukan anti sosial. Jadi kamu harus bisa kembangkan diri kamu agar bisa lebih pede menghadapi lawan bicaramu. Coba tiga cara tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

Dengan adanya tips ini, semoga dapat memberi kamu solusi untuk lebih percaya diri saat bicara di depan umum. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

3 Komentar

  1. makasih atas tipsnya, ntar kalau udah beres pkl kalo ada presentasi mau saya coba tipsnya. btw saya gugup gara2 fisik sih eheh
    soeltandhafin@gmail.com

    BalasHapus
  2. susah karena dulu sering bicara tapi ga di dengerin wkwk
    rizkianugrah123567@gmail.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas tips nya

    jidandante99@gmail.com

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak