Main Game PS2 di PC / Laptop Lebih Mudah Menggunakan Emulator PCSX2

Mungkin banyak dari kalian yang ingin bernostalgia jaman masih anak-anak dengan bermain game ps2. Dulu sebelum playstation seri terbaru rilis, ps2 menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya anak-anak, para dewasa pun sangat menyukainya.

Namun, kini setelah rilisnya playstation seri terbaru, kini ps2 mulai ditinggalkan dan kurang diminati. Tetapi dari segi gameplay dan grafiknya, ps2 masih tergolong bagus dan layak untuk dimainkan. Jika kamu memiliki pc atau laptop, kamu bisa bermain ps2 menggunakan salah satu emulator bernama PCSX2.

Cara Install Emulator PCSX2

Untuk mulai penginstalannya, kamu hanya perlu menuju ke website resmi PCSX2. Kemudian kamu akan diberikan 2 pilihan. Yang pertama adalah versi stabilnya yang kemungkinan akan mendapat update lebih lama. Dan yang kedua adalah versi nightly atau bisa disebut versi beta untuk kamu yang ingin mencoba updatean menarik dari developer.

Kamu akan diberikan versi PCSX portable. Jadi setelah mendownload kamu harus mengekstrak terlebih dahulu sebelum menjalankan emulatornya. Setelah dijalankan, kamu akan diminta untuk memasukkan file BIOS bisa kamu download melalui link yang saya sediakan. 

Cara Setting Emulator PCSX2

Ada beberapa pilihan settingan PCSX2. Kamu bisa mengeksplornya melalui tombol di kiri atas. Untuk rekomendasi dari saya bisa ikuti langkah berikut ini.

Display

Untuk ke menu display, kamu perlu ke bagian Settings > Graphics kemudian kamu akan melihat menu display. Untuk menu ini, saya hanya mengatur renderingnya saja. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing.


Rendering

Kamu bisa melihat ke menu rendering di samping display dan lakukan settingan yang kamu butuhkan agar lancar dalam bermain. Untuk settingan ini saya hanya mengatur resolusi internalnya saja agar tidak terlalu buram.

Kamu juga bisa mengubah settingan sesuai kebutuhan kamu agar tetap lancar saat bermain.

Cara Menggunakan Joystick di Emulator PCSX2

Untuk bisa menggunakan joystik, kamu hanya perlu masukkan joystik kamu melalui usb atau bluetooth kemudian klik menu Settings > Controllers. Disini kamu bisa menyetting tombol joystik kamu. Kamu hanya perlu menekan bagian tombol joystik dan hubungkan dengan tombol di settingan kontroller emulator.


Kamu juga melakukan setting otomatis dengan mengeklik automatic mapping.

Cara Main Game PS2 di PCSX2

Untuk dapat mulai bermain game ps2 di emulator ini, kamu perlu memiliki gamenya terlebih dahulu. Untuk dapat mencari game ps2, kamu bisa mendownload di beberapa situs penyedia game ps2. Saya sarankan untuk menggunakan format ISO. Setelah itu kumpulkan menjadi satu folder kemudian pergi ke Settings > Add Game Directory lalu pilih folder game yang sudah kamu buat.

Kesimpulan

Setelah mengikuti semua cara di atas, harusnya kamu sudah bisa memainkan game ps2. Pada dasarnya kamu tidak bisa mengikuti sepenuhnya settingan grafik yang saya sarankan. Apabila ada crash ataupun slowmotion dalam bermain mungkin antara device yang kurang mumpuni atau settingan emulator yang terlalu berat.

Dengan adanya tips ini, semoga dapat memberi kamu cara untuk bermain game ps2 di laptop atau pc. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak