Bila Kamera Laptop Rusak, Ubah HP Kamu Jadi Webcam Aja

Kamu mungkin salah satu yang mengalami kerusakan pada kamera laptop. Saya adalah salah satu korban kerusakan ini. Saya tidak tahu penyebabnya, bahkan saya sudah membawa laptop saya ke beberapa tukang servis tetapi merekatidak bisa mengakalinya. Mungkin ini adalah kerusakan pada hardware kamera saya.

Dan tidaklah murah membeli kamera baru untuk laptop kamu. Apalagi jika kamu sangat perlu menggunakannnya. Ada cara alternatif lain untuk dapat menggunakan kamera kembali. Salah satunya menjadikan hp kamu sebagai webcam eksternal untuk laptop kamu.

Cara Menjadikan Hp Sebagai Webcam

Kamu hanya memerlukan salah satu hp yang akan dijadikan sebagai webcam. Simak langkah-langkahnya berikut.

1. Download Aplikasi DroidCam

Untuk mulai menjadikan hp kamu sebagai webcam eksternal, kamu harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga contohnya DroidCam. Aplikasi ini dapat membantu kamu menghubungkan kamera hp kamu dengan laptop. Kamu bisa mendownload aplikasi DroidCam di playstore

2. Download Software DroidCam

Yang kedua kamu harus memiliki software DroidCam di laptop kamu agar bisa langsung terhubung dari aplikasi di hp kamu. Kamu bisa mendownload software DroidCam melalui situs resminya di sini.

3. Setting Kamera

Kamu bisa mulai menyetting bagian saturasi, kecerahan bahkan resolusi kamera bisa kamu setting sesuai yang kamu inginkan. Di bagian ini pastikan kamu menyetting dengan benar karena jika menyetting terlalu berat akan mempengaruhi performa hp kamu.

4. Hubungkan Hp Dengan Laptop

Kita sudah memasuki tahap akhir. Untuk cara ini kamu bisa memilih 2 pilihan. Pertama, kamu bisa menggunakan wifi yang sama dan melakukan penyandingan secara langsung. Kedua, kamu bisa menggunakan kabel data untuk menghubungkan laptop kamu dengan hp.

Keunggulan Mengubah Hp Menjadi Webcam

Ada beberapa keunggulan yang kamu dapatkan jika menjadikan hp kamu sebagai alternatif kamera laptop kamu yang rusak.

1. Kualitas Gambar Lebih Baik

Kualitas kamera hp jaman sekarang sudah tidak diragukan lagi. Banyak kamera hp sekarang yang hampir menyerupai kualitas kamera asli. Hal ini sangat membuktikan bahwa kamera hp memiliki kualitas yang bagus dan jernih. Jadi mengubah hp kamu menjadi webcam akan membuat kamera laptop kamu seolah-olah terlihat bagus.

2. Lebih Fleksibel

HP dapat dibawa kemana saja. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk mulai berinteraksi dimanapun dan kapanpun. Ini adalah suatu keunggulan kamu menggunakan HP kamu sebagai webcam.

Kekurangan Mengubah HP Menjadi Webcam

Tidak hanya keunggulannya saja, adapun kekurangan dalam mengubah HP kamu menjadi webcam.

1. Baterai Boros

Penggunaan webcam pada kamera HP akan membuat baterai HP kamu terasa lebih boros dari biasanya. Hal ini terjadi karena HP kamu sedang terhubung dan bekerja bersama laptop atau pc kamu. Ini dirasa akan kurang efektif karena keterbatasan baterai pada HP.

2. Kualitas Gambar Tergantung Kamera HP

Selain membuat baterai boros, kualitas gambar yang ditampilkan juga bergantung pada bagus dan tidaknya kamera HP kamu.

Kesimpulan

Cara ini tidak direkomendasikan buat kamu yang memiliki HP spek low end. Karena ketika menggunakan cara ini terlalu lama, akan membuat HP kamu cepat panas dan overheat. Lebih baik jika mengalami kerusakan pada kamera laptop, kamu bisa langung menggantinya atau membeli webcam eksternal.

Dengan adanya tips ini, semoga dapat memberi kamu solusi permasalahan kerusakan kamera pada laptop kamu. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak