Otot Akan Berkembang Lebih Cepat Ketika Baru Memulai Angkat Beban

Kebanyakan dari kalian yang baru memulai angkat beban atau berolahraga dari rumah mungkin pernah merasa bahwa pertumbuhan otot kalian lebih cepat dan bisa menyusul orang yang sudah bertahun-tahun angkat beban. Jika memang kamu baru memulai angkat beban, sebaiknya manfaatkan keuntungan ini untuk kamu lebih konsisten membentuk otot.

Inilah kenyataan pahit bahwa pemula bisa saja mendapatkan badan ideal lebih cepat dari pada yang sudah angkat beban bertahun-tahun. Karena pemula akan mengalami fase Newbie Gains.

Apa itu Newbie Gains

Newbie gains jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah 'keuntungan pemula'. Hal ini memang benar adanya. Karena tubuh baru beradaptasi dengan merusak otot-otot yang kamu latih dan tingginya hormon yang dihasilkan seorang yang baru memulai membentuk otot.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam  Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa individu yang tidak terlatih mengalami peningkatan testosteron, HGH, dan DHEA yang lebih tinggi saat berolahraga. Jadi tidak dipungkiri lagi pemula memiliki hormon yang tinggi dari pada yang sudah berlatih bertahun-tahun.

Berapa Lama Newbie Gains Bertahan

Tidak ada yang tahu dengan berapa lama bertahan. Tetapi menurut beberapa pakar olahraga, jika kamu memanfaatkan newbie gains secara maksimal mungkin akan bertahan kurang lebih satu tahun. Atau jika kamu berhenti berlatih, lalu baru melanjutkan kembali, kamu mungkin masih ada dalam fase newbie gains ini.

Bagaimana Memanfaatkan Newbie Gains

Sangat penting untuk yang baru memulai agar bisa memanfaatkan newbie gains. Ada beberapa cara untuk kamu memanfaatkan newbie gains kamu.

1. Konsisten Berlatih

Salah satu pondasi awal dalam membentuk otot adalah berlatih. Jika kamu dari awal saja sudah konsisten berlatih, kamu akan merasakan banyak perubahan yang dialami pada dirimu. Kunci utama dari membentuk otot adalah rutin atau konsisten dalam berlatih. Jadi kalau kamu ingin memaksimalkan newbie gains, kamu bisa berlatih 4-5 hari selama satu minggu.

2. Asupan Protein Cukup

Selain konsisten dalam berlatih, kamu juga wajib memenuhi bahan bakar untuk pertumbuhan ototmu. Salah satunya memenuhi kebutuhan protein yang cukup. Bagi yang baru berlatih disarankan untuk mengonsumsi protein 2x berat badan. Jadi jika berat kamu 50kg kamu harus mengonsumsi 100gr protein perhari.

Mungkin ini terkesan sulit karena harga makanan berprotein mahal. Tapi jangan dijadikan patokan yang paten untuk pembentukan masa ototmu. Walau tidak mencukupi protein harian, kamu masih bisa membentuk otot meskipun sedikit lebih lama.

3. Tidur yang Cukup

Tak kalah pentingnya, jam tidur juga sangat berpengaruh dalam pembentukan masa otot. Karena sel otot akan diperbaiki tubuh disaat kamu sedang tidur. Jam tidur yang disarankan agar membentuk otot lebih maksimal adalah 7-8 jam.

Kualitas tidur juga sangat berpengaruh dalam membentuk otot. Jika selama kamu tidur kamu terbangun di tengah malam mungkin kualitas tidurmu masih buruk. Jangan tidur terlalu larut, karena akan mempengaruhi kualitas tidurmu.

Kesimpulan

Newbie Gains memang membuat kita para pemula berkembang dengan sangat cepat. Tetapi jangan jadikan sebuah patokan apalagi tekanan untukmu memaksimalkan newbie gains kamu. Nikmati proses kamu jangan menjadikan ini paksaan untuk memulai menjadi lebih baik.

Dengan adanya edukasi ini, semoga dapat memberi kamu wawasan untuk lebih bersemangat walaupun kamu baru memulai angkat beban. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak