Ekstensi Visual Studio Code Supaya Ngoding Kamu Jadi Lebih Mudah

Jika kamu seorang programmer atau seorang yang ingin belajar pemrograman, kamu harusnya tidak asing dengan software satu ini. Visual studio code adalah salah satu teks editor terbaik yang dikembangkan oleh Microsoft. Selain desainnya yang simpel, teks editor ini juga memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk para programmer.

Fungsi utama yang tidak dimiliki software teks editor lain adalah ekstensi. Dengan ekstensi dapat memudahkan kamu untuk ngoding. Bahkan kamu juga bisa mendaftarkan ekstensi buatan kamu di vscode untuk membantu para pengguna.

Manfaat Menggunakan Ekstensi Visual Studio Code

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh ketika menggunakan ekstensi di Visual Studio Code.

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan memanfaatkan fitur ekstensi, dapat membantu kamu menghemat waktu dan tenaga saat ngoding. Ini akan membuat tugas kamu lebih cepat selesai.

2. Pemeliharaan Kode

Beberapa ekstensi dapat membuat kode kamu terasa lebih bersih, seperti formatter yang bisa membuat kode kamu rapi hanya dengan sekali klik saja.

Setelah membaca manfaatnya, berikut ini merupakan rekomendasi ekstensi yang wajib kamu coba supaya ngoding kamu jadi lebih cepat.

Beberapa Rekomendasi Ekstensi Terbaik Visual Studio Code

Untuk dapat menggunakan beberapa ekstensi ini, kamu hanya perlu ke menu ekstension di bilah sebelah kiri Visual Studio Code. Berikut rekomendasi ekstensi terbaik vscode :

1. Auto Close Tag

Ekstensi ini akan lebih memudahkanmu saat ngoding karena kamu gaperlu repot-repot menulis penutup tag. Biarkan ekstensi ini bekerja otomatis untuk menutup tag yang kamu ketikkan. Ekstensi ini sudah didownload lebih dari 11 juta pengguna vscode. Jadi tidak dipungkiri lagi bahwa programmer sangat membutuhkan ekstensi ini.

2. Auto Rename Tag

Kedua dan tak kalah pentingnya adalah ekstensi auto rename tag. Seperti pada judulnya, ekstensi ini dapat merename tag yang kamu inginkan. Misalnya jika kamu ingin me-rename tag <h1> kamu hanya perlu mengganti salah satu tagnya entah pembuka atau penutupnya. Kemudian tag satunya akan ikut terganti dengan sendirinya. Ekstensi ini sudah didownload lebih dari 15 juta pengguna.

3. Live Server

Live server merupakan ekstensi yang dapat menghubungkan codinganmu secara langsung dengan server. Ekstensi ini sangat dibutuhkan bila kamu mulai menggunakan asynchronus atau pengambilan data melalui API. Ekstensi ini sudah didownload lebih dari 40 juta pengguna.

4. Live Preview

Ekstensi ini berguna menghubungkan kita dengan browser secara real time. Jadi dika kamu ingin melakukan perubahan pada coding kamu, tanpa meng-save pun akan berubah secara langsung menggunakan ekstensi ini. Ekstensi ini sudah digunakan lebih dari 3 juta pengguna.

5. Prettier

Prettier sangat membantu banyak programmer. Ekstensi ini dapat dengan instan merapikan codingan yang berantakan hanya dengan meng-klik shift+alt+f, ekstension ini akan bekerja untuk merapikan codinganmu. Ekstensi ini telah digunakan lebih dari 37 juta pengguna.

Kesimpulan

Kamu bisa dengan nyaman ngoding dengan bantuan ekstensi di Visual Studio Code. Jadi kamu udah gaperlu repot-repot lagi ngoding manual. Ini adalah salah satu keunggulan Visual Studio Code dibanding teks editor lain. Jadi tunggu apa lagi, segera install ekstensi tersebut dan mulai rasakan perbedaannya.

Dengan adanya rekomendasi ini, semoga dapat memberi kamu wawasan untuk membuat ngoding kamu menjadi lebih mudah. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak