Membentuk Badan Ideal dari Rumah Cukup dengan Gerakan Sederhana, Simak Caranya

Membentuk badan yang ideal adalah impian banyak orang. Karena selain terlihat keren dan kuat, badan yang ideal juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kamu mungkin salah satu dari seseorang yang ingin membentuk badan yang ideal tapi tidak memiliki cukup waktu atau biaya untuk pergi ke gym.

Saya memiliki beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tetap bisa membentuk badan walau hanya di rumah saja. Selain mudah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat. Cukup olahraga dengan beban badanmu sendiri, akan membuat badanmu terlihat lebih ideal.

Tips untuk Melakukan Olahraga di Rumah

Beberapa tips memulai olahraga yang dapat kamu terapkan di rumah.

Mengatur Jadwal Olahraga

Dengan mengatur jadwal olahraga, kamu akan membentuk kedisiplinan kamu dalam melakukan sesuatu.  Kamu bisa mengaturnya seminggu 3-6 hari untuk berolahraga dan 1-4 hari untuk beristirahat. Usahakan untuk tetap konsisten dalam jadwal yang sudah kamu atur.

Memilih Gerakan yang Cocok

Setelah mengatur jadwal, kamu bisa memilih gerakan yang cocok yang dapat menargetkan otot yang kamu inginkan. Hal ini akan membuat kamu merasa nyaman ketika berolahraga.

Memulai dengan Intensitas Rendah

Salah satu cara dalam untuk dapat rutin berolahraga adalah memulai dengan intensitas yang rendah. Ini akan membuat lebih santai dan tidak merasa terbebani saat berolahraga. Selain itu, kamu akan merasa lebih bugar setelah berolahraga.

Olahraga yang Efektif Untuk Membentuk Badan Ideal di Rumah

Beberapa gerakan olahraga ini dapat kamu lakukan dari rumah dan mulai merasakan perubahannya.

1. Push Up


Push up adalah salah satu gerakan terbaik untuk melatih otot tricep, bahu dan dada kamu. Menurut Cambridge Dictinary, Puѕh up аdаlаh latihan fіѕіk dі mаnа kіtа bеrbаrіng dеngаn wаjаh menghadap ke lantai dаn mеnсоbа mendorong tubuh dеngаn lеngаn ѕаmbіl mеnjаgа kаkі dаn punggung tеtар luruѕ. 

Ada beberapa variasi gerakan push up untuk menargetkan bagian otot yang kamu inginkan.

Decline Push Up

Variasi ini menjadi andalan untuk menargetkan otot dada bagian atas. Kamu hanya perlu mengatur posisi kaki agar lebih tinggi dari badan kamu kemudian mendorong badan kamu dari bawah hingga ke atas. Gerakan ini bisa dilakukan menggunakan alat seadanya seperti meja ataupun kursi yang ada di rumah.

Incline Push Up

Variasi kedua yang tidak kalah efektif adalah gerakan Incline push up. Kamu cukup mengatur lengan kamu ke tempat yang lebih tinggi dan kaki kamu tetap di bawah. Ini sangat efektif untuk menargetkan otot dada bagian bawah kamu.

Pike Push Up

Cara melakukan pike push up mungkin agak sulit bagi pemula. Tapi jangan khawatir karena lama-kelamaan kamu akan terbiasa. Caranya kamu perlu meletakkan siku kamu 45 derajat dari badan kamu kemudian dorong dan kembali ke posisi awal. Gerakan ini sangat efektif untuk menargetkan otot bahu bagian depan.

Diamond Push Up

Diamond push up merupakan cara efektif untuk melatih otot tricep kamu. Caranya dengan meletakkan kedua tangan kamu di bawah dada dan membentuk seperti diamond kemudian dorong dan kembali ke posisi awal. Kamu tidak perlu alat tambahan untuk melakukan variasi yang sangat simpel ini.

2. Pull Up

Pull Up merupakan gerakan menggantungkan badan ke sebuah bar dan kemudian mengangkat tubuh ke atas hingga dagu melewati bar tersebut. Gerakan ini dikhususkan untuk melatih punggung maupun biceps.

Ada juga beberapa variasi gerakan pull up untuk menargetkan bagian otot yang kamu inginkan.

Wide Grip Pull Up

Variasi ini menargetkan otot punggung atas dan latissimus dorsi atau biasa disebut otot sayap. Caranya adalah dengan menggenggam bar lebih lebar lalu tarik badan ke atas hingga dagu melebihi bar.

Chin Up

Cara melakukan chin up adalah membuat posisi tangan kamu menghadap badanmu lalu tarik dan ulangi seperti semula. Fokus utama variasi ini adalah biceps dan punggung tengah.

3. Squat

Squat merupakan gerakan utama saat kamu ingin membentuk otot pada kaki. Menurut artikel di British Journal of Sports Medicine, squat adalah latihan yang melibatkan gerakan turun dan naik dengan beban pada bagian atas tubuh, yang melibatkan aktifitas otot-otot utama seperti otot-otot paha, pinggul, dan otot-otot inti.

Tak hanya kedua itu, squat juga memiliki beberapa variasi yang dapat menargetkan otot tertentu

Wide Stance Squat

Sama halnya dengan pull up, squat juga memiliki variasi wide yang memungkinkan kamu menargetkan otot paha depan dan gluteus maximus atau bisa disebut bokong. Cara melakukannya hanya membuat kaki kamu lebih lebar dari melakukan squat pada umumnya.

Narrow Stance Squat

Variasi squat ini menargetkan otot quadriceps. Cara melakukannya adalah membuat kaki kamu sedikit lebih rapat dari melakukan squat biasanya.

Sebenarnya ada banyak sekali variasi gerakan olahraga yang dapat melatih bagian otot tertentu. Tetapi yang saya tunjukkan di atas adalah inti dari variasi gerakan tersebut. Beberapa variasi gerakan di atas dapat kamu praktekan di rumah menggunakan alat seadanya.

Kesimpulan

Membangun tubuh ideal merupakan dambaan banyak orang, namun tidak semua orang memiliki waktu dan biaya untuk pergi ke gym. Artikel ini menawarkan beberapa cara  membentuk tubuh ideal di rumah, yaitu:

  • Push-up merupakan gerakan yang efektif untuk melatih otot dada, trisep, dan bahu. Ada beberapa variasi push-up yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Pull-up merupakan gerakan yang efektif untuk melatih otot punggung dan otot bisep. Terdapat juga beberapa variasi gerakan menarik yang dapat menyasar area otot tertentu.
  • Squat adalah latihan yang efektif untuk  otot kaki. Ada juga beberapa variasi  squat yang dapat menargetkan area otot tertentu.

Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga tersebut secara rutin maka kamu akan mulai merasakan perubahan pada bentuk tubuh kamu. Selain itu, olahraga juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit.

Dengan adanya edukasi ini, semoga dapat memberi kamu solusi untuk dapat membentuk badan yang ideal meski hanya di rumah. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak