Dampak Jika Kamu Menjadi Satu Persen Lebih Baik Setiap Harinya

Pernahkah kamu berpikir bahwa perubahan sedikit dalam kehidupan sehari-harimu tidak akan membuahkan hasil? Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa jika ingin mencapai apa yang kita inginkan, kita harus mengubah sepenuhnya diri kita. Mulai dari bangun pagi, berolahraga, belajar dan lainnya.

Sebenarnya sah-sah saja jika demikian. Tetapi manusia cenderung tidak bisa menerima perubahan pada dirinya yang signifikan. Jika kamu mencoba untuk mengubah dirimu sepenuhnya kamu mungkin cenderung lebih cepat bosan dan kehilangan motivasi. Merubah satu persen setiap harinya mungkin cara yang cocok untuk kamu coba.

Pengertian Satu Persen Lebih Baik

Satu persen lebih baik berarti menjadikan diri kamu lebih baik dalam suatu hal, baik pengetahuan, keterampilan dan lainnya. Yang perlu kamu perhatikan bahwa kamu tidak harus mengubah hidupmu dalam sekejap. Dengan metode satu persen lebih baik setiap harinya, akan membuat kamu beradaptasi dengan kebiasaan baik yang kamu lakukan. Jadi metode ini akan membuatmu lebih nyaman untuk melakukan kebiasaan baik.

Apa Pengaruh Perubahan Kecil Untuk Masa Depanmu ?

Jawaban kali ini saya dapatkan dari sebuah buku berjudul Atomic Habits yang ditulis oleh James Clear. Ia adalah penulis hebat yang memberikan saya motivasi untuk berubah menjadi lebih baik. Ia pernah menulis kalimat yang sangat memotivasi saya.

Jika kamu merasa perubahan kecil tidak berpengaruh, Kamu bisa mlihat tukang batu yang memukuli batu setiap harinya. Batu itu sangat kokoh dan sulit untuk dihancurkannya dalam sekali pukul. Ia mungkin bisa menghancurkan batu tersebut dengan 100 kali pukulan tetapi bukan pukulan terakhir yang membuat batu itu hancur. Tetapi pukulan-pukulan sebelumnyalah yang membantu batu itu bisa hancur.

Dalam konteks tersebut harusnya kamu sudah bisa mengambil makna bahwa sebenarnya, kita hanya perlu mengubah diri kita lebih baik setiap harinya. Perubahan ini akan berdampak untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Bagaimana Menjadikannya Konsisten

Salah satu cara untuk agar kamu konsisten melakukan hal tersebut adalah menjadikannya memuaskan. Mungkin terdengar aneh, tapi dengan rasa puas yang kamu dapatkan, kamu akan merasakan kecanduan akan hal tersebut dan ingin melakukannya terus menerus demi mendapatkan rasa puas tersebut.

Ketika kamu sudah konsisten angkat beban tetapi belum merasakan adanya perubahan pada otot kamu, mungkin hasilnya tidak akan instan. Perlu beberapa bulan bahkan tahun untuk mendapatkan badan ideal yang kamu inginkan.

Kepuasan dalam menjadi lebih baik memang sangat susah untuk mendapatkannya. Berbeda dengan jika kamu melakukan hal buruk seperti, bermain sosmed terlalu lama, bermain judi online, dan banyak lainnya. Mungkin kamu akan mendapat kepuasan secara instan. Tapi tidak untuk kedepannya. Kamu akan menyesal karena tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

Kesimpulan

Memulai kebiasaan baik mungkin terlihat sulit. Tetapi pasti selalu ada cara untuk kamu berkembang dan menjadi lebih baik. Salah satunya dengan mengubah dirimu satu persen lebih baik setiap harinya. Cara ini akan lebih memudahkan kamu dari pada harus merubah diri kamu sepenuhnya.

Dengan adanya edukasi ini, semoga dapat memberi kamu wawasan agar bisa menjadi lebih baik meski hanya satu persen setiap harinya. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, bisa bantu share ke sosial media kamu melalui tombol share yang ada di bawah. Terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak