Breaking News

Ini Dia BMW M5 Mobil Idaman Tahun 2018

Ini Dia BMW M5 Mobil Idaman Tahun 2018

Ini Dia BMW M5 Mobil Idaman Tahun 2018 - BMW M5 baru membawa dinamika berkendara ke dimensi baru. Membuat debutnya di generasi keenam dari sedan berkinerja tinggi adalah sistem all-wheel-drive M-spesifik baru M xDrive. Sistem penggerak ini tidak hanya memungkinkan M5 untuk mencapai ketinggian kinerja dinamis yang baru, ini berarti bahwa hal itu unggul dalam hal kepraktisan sehari-hari dan juga memberikan ketenangan tertinggi dalam semua kondisi berkendara.

Frank van Meel, Ketua Dewan Manajemen BMW M GmbH, menjelaskan manfaat teknologi drivetrain perintis di dalam BMW M5 yang baru: "Berkat M xDrive, BMW M5 baru dapat diujicobakan dengan campuran sporty dan unerring yang sudah dikenal. akurasi baik di trek balap dan di jalan terbuka, sementara juga driver yang menyenangkan dengan stabilitas dan pengendalian terarahnya yang meningkat secara signifikan sampai batas kinerja saat berkendara dalam kondisi buruk seperti di musim basah atau salju. "

Info Mobil BMW M5


Kemampuan mobil untuk menyulap kesesuaian lengkap untuk penggunaan sehari-hari di satu sisi dan kenikmatan berkendara yang luar biasa dan kinerja lagu yang luar biasa di sisi lain adalah ke kemampuan kontrol cerdas pusat M xDrive. Saat mesin pertama kali dimulai, BMW M5 baru akan berada dalam mode all-wheel-drive (4WD) dengan Dynamic Stability Control (DSC) dinyalakan. Pengemudi kemudian dapat memvariasikan karakteristik penanganan M5 dengan mengaktifkan berbagai mode dinamika berkendara, termasuk mode penggerak roda belakang tanpa DSC. Dalam mode 2WD ini, BMW M5 baru memungkinkan pengemudi berprestasi untuk menikmati bentuk kenikmatan berkendara yang mulia.

Sulit bekerja di bawah bonnet BMW M5 terbaru adalah versi terbaru dan paling maju dari mesin V8 4.4 liter yang menampilkan teknologi M TwinPower Turbo. Output dari 441 kW / 600 hp dan torsi puncak 750 Nm (553 lb-ft) menjanjikan tenaga pendorong tertinggi dan kinerja yang tangguh. Unit V8 twinturbo mendorong M5 baru dari 0 sampai 100 km / jam (62 mph) hanya dalam 3,4 detik, misalnya. Tugas untuk menyampaikan daya drive jatuh ke transmisi M steptronic delapan kecepatan baru dengan Drivelogic, yang bekerja sama dengan sistem M xDrive untuk mentransfer mesin turbocharged revving tinggi ke jalan menuju efek optimal pada semua kondisi berkendara. Hasil dari semua ini adalah bahwa BMW M5 baru bukan hanya yang tercepat dari semua model M5 yang dibangun sejak tahun 1984, tapi juga yang paling gesit.

M TwinPower Turbo, M xDrive dan transmisi M Steptronic delapan kecepatan


Setelah perombakan menyeluruh, mesin V8 4.4 liter dengan teknologi M TwinPower Turbo sekarang lebih manjur dari sebelumnya. Unit daya highrevving di BMW M5 baru memberikan output luar biasa sebesar 441 kW / 600 hp pada 5.600 - 6.700 rpm, sementara torsi puncak yang luar biasa dari 750 Nm (553 lb-ft) hanya diimbangi dari 1.800 rpm dan tetap konstan semua jalan sampai 5.600 rpm. Dibandingkan dengan model keluar, torsi maksimum telah ditingkatkan sebesar 70 Nm (52 ​​lb-ft). Karakteristik mesin dapat diubah dengan menekan sebuah tombol dari setting Efficient dasar ke Sport atau Sport Plus, yang menghasilkan respons gerak akselerator yang lebih rela.

Kecepatan Mesin BMW M5

Para insinyur M telah menerapkan serangkaian penyempurnaan untuk memberi V8 twin-turbo dengan kemampuan kinerjanya yang fenomenal. Ini termasuk turbocharger baru dikembangkan dan tekanan injeksi maksimum yang lebih tinggi dari 350 bar. Hal ini memungkinkan waktu injeksi lebih pendek dan peningkatan atomisasi bahan bakar untuk respon mesin yang lebih tajam serta persiapan campuran yang lebih efisien. Perbaikan juga telah dilakukan pada sistem pelumasan dan pendinginan, termasuk panci minyak dengan muatan depan kecil dan pendinginan udara muatan tidak langsung, yang lebih efektif daripada padanan pendahulunya meskipun tidak banyak ruang. Sistem pasokan minyak menggunakan pompa variabel terkontrol peta sepenuhnya dan telah dirancang untuk pertunjukan di jalur balap, di mana ia dapat menangani tingkat percepatan longitudinal dan lateral yang sangat tinggi.

Modifikasi juga dilakukan pada manifold manifold cross-bank untuk BMW M5 baru. Ini memiliki efek mengoptimalkan transmisi energi dari aliran gas buang ke roda turbin dari dua turbocharger dan memastikan siklus pertukaran gas terbaik. Dengan memasang resonator Helmholtz di antara kedua peredam sistem pembuangan cabang ganda, para insinyur M berhasil mengurangi beratnya. Suara dari sistem pembuangan yang dikupas flap bervariasi tergantung pada mode yang dipilih untuk karakteristik mesin, sedangkan tombol M Sound Control juga memungkinkan pengemudi BMW M5 baru untuk melunakkan kehadiran akustiknya.

Kecepatan Mesin BMW M5

Kekuatan V8 twin-turbo disalurkan ke jalan melalui sistem all-wheel-drive M xDrive yang baru dikembangkan. Pengaturan rear-bias yang sangat lincah dicapai oleh sistem M xDrive hanya membawa roda depan ke dalam permainan saat roda belakang tidak mampu mentransmisikan lagi kekuatan ke jalan dan kekuatan traktif tambahan diperlukan. Bahkan ketika didorong dengan cara yang sangat sporty dan melepaskan tingkat kekuatan yang tinggi, BMW M5 baru dengan M xDrive berperilaku dapat ditebak dan dapat dikendalikan dengan mudah oleh pengemudi, yang membuka jalan untuk pengalaman bisnis sedan yang lebih intens. kinerja fenomenal

Komponen perangkat keras utama M xDrive didasarkan pada sistem penggerak all-wheel-drive BMW xDrive dan Active M Differential, sedangkan perangkat lunak pengendali dinamika pengendaraan M-spesifik utama menangani berbagai komponen dengan efek yang sangat inovatif. Drivetrain telah diperkuat untuk kekakuan dan kekuatan yang lebih besar untuk membuat penyisihan torsi tinggi, konfigurasi bias belakang dan opsi 2WD. Sementara case transfer membagi sebagian torsi drive antara roda depan dan belakang dengan rasio yang dapat disesuaikan dengan baik tergantung pada persyaratan, Active M Differential bertanggung jawab untuk kemudian mendistribusikan torsi drive di antara roda belakang. Dalam kasus elemen kontrol aktif dalam lingkup fungsi sistem M xDrive, efek penguncian bervariasi sesuai tuntutan situasi. Dengan demikian, hal ini memastikan daya tarik, ketangkasan dan stabilitas arah yang meningkat saat mobil didorong dengan cara yang sangat sporty atau di jalan dengan tingkat grip yang berbeda - yaitu tepat saat dibutuhkan. Dengan M xDrive, intervensi stabilisasi dari sistem DSC hanya diperlukan dalam situasi ekstrim, memungkinkan kekuatan luar biasa mesin diubah menjadi gaya pendorong dengan kerugian hampir nol. Hasil dari semua ini adalah bahwa BMW M5 yang baru dapat diujicobakan dengan presisi dan ketepatan arah yang lebih tinggi lagi, merespons secara sensitif dan langsung terhadap masukan pengemudi sehingga membutuhkan sedikit koreksi kemudi saat mengemudi pada batasnya.

Driver yang lebih ambisius dapat mengkonfigurasi M xDrive setiap saat sesuai dengan kebutuhan mereka. Bahkan dalam pengaturan standar dengan kedua DSC dan 4WD diaktifkan, BMW M5 baru memungkinkan sejumlah slip di roda belakang saat mempercepat keluar dari sudut untuk menghasilkan kelincahan model M yang terkenal. Tapi M5 juga tetap terkendali dengan sempurna setiap saat. Daya tarik penggerak all-wheel drive membantu menghasilkan percepatan waktu yang cukup fenomenal menurut standar sedan sport dan akan layak untuk mobil supersports: 0 sampai 100 km / jam (62 mph) dalam 3.4 detik menakjubkan dan 0 sampai 200 km / h (124 mph) hanya dalam 11,1 detik.

Berpindah ke mode M Dynamic (MDM, 4WD Sport) memberi dorongan lebih besar pada ketangkasan penanganan mobil. Namun, lebih banyak torsi drive sekarang diarahkan ke as roda belakang, sementara jumlah slip roda belakang yang diijinkan meningkat. Ini memungkinkan pengemudi memasukkan M5 ke drift terkontrol dan menikmati penanganannya yang menyenangkan. Saat melakukannya, onset oversteer terlihat pada saat yang tepat dan peningkatan sudut bidik secara linier berarti kendaraan tetap stabil meski saat mengemudi pada batasnya.

Tiga mode yang tersedia dengan sistem DSC dimatikan telah dikonfigurasi terutama untuk mengemudi di trek balap. Mode 4WD disiapkan untuk pengendalian dan daya tahan yang sebaik mungkin, dan sudah menawarkan banyak ruang untuk mengeksplorasi kemampuan kinerja dinamis BMW M5 baru. Modus Olahraga 4WD, sementara itu, dengan paduan presisi kemudi yang tinggi, penanganan yang menyenangkan dan daya tarik yang meyakinkan, menawarkan jaminan pasti kenikmatan berkendara yang tidak dipalsukan. Modus roda belakang murni (2WD) telah dirancang dengan driver berpengalaman dan sangat ahli dalam pikiran. Ini membuka pengalaman mendebarkan yang sama yang pernah ditawarkan oleh generasi terdahulu dari M5, yaitu sedan berperforma tinggi yang mengabdikan diri untuk seni menghasilkan kenikmatan berkendara tanpa sistem kontrol untuk menahannya.

Transmisi M Steptronic delapan kecepatan baru dengan Drivelogic juga telah diarahkan secara ketat pada kinerja sporty. Waktu pergeseran yang sangat singkat dan rasio jarak yang optimal akan membuat pengemudi yang paling menuntut sekalipun. Terlebih lagi, perputaran rasio unit Stepstonic M cepat delapan membantu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar juga.

Transmisi M Steptronic memungkinkan perpindahan gigi dan pergeseran gigi secara otomatis sepenuhnya - menggunakan selektor gigi pendek baru di konsol tengah BMW M5 baru atau dayung shift M di roda kemudi. Transmisi telah direkayasa untuk respon seketika dan perubahan gigi petir dengan gaya M klasik. Kopling pengunci torque converter sudah terpasang sepenuhnya begitu mobil telah ditarik menjauh.

Pemetaan pemindahan transmisi dapat dimodifikasi dengan menggunakan tombol penggerak Drivelogic pada pemilih roda gigi. Mode drivelogic 1 sesuai dengan penggerak yang efisien. Mode 2 cocok untuk berkendara cepat dengan waktu pergeseran yang disingkat. Dan mode Drivelogic 3 dioptimalkan untuk berkendara sporty di jalur berkat waktu bergeser sangat singkat. Mereka yang lebih memilih untuk menggeser gigi secara manual juga dapat mengeksekusi beberapa downshifts sporty ke peralatan yang tersedia terendah, misalnya saat mengerem ke sudut yang ketat. Tidak ada upshift otomatis saat mesin di revving ke batasnya. Sebuah pendingin minyak transmisi memastikan operasi transmisi tanpa cacat bahkan saat mobil diletakkan melalui langkahnya di lintasan.

Teknologi chassis yang superior


Dinamika berkendara tak terkalahkan dengan stabilitas arah maksimum - itulah tujuan tim yang bertanggung jawab untuk menyetel sasis BMW M5 baru. Seperti biasa untuk BMW M GmbH, penyetelan ini terjadi di sirkuit balap perusahaan sendiri di Miramas di selatan Prancis, dan juga jalur uji terberat di dunia, N├╝rburgring Nordschleife.

Penanganan tangkas dan tangkas yang diharapkan para pengemudi dari generasi sebelumnya M5 telah dioptimalkan untuk mobil baru ini. Kebutuhan pengemudi individual dipenuhi oleh berbagai pilihan untuk mengkonfigurasi kendaraan, termasuk: M xDrive, M Steptronic delapan kecepatan dengan Drivelogic, Kontrol Damper Variabel Mspecific (termasuk tiga mode mengemudi: Comfort, Sport and Sport Plus) dengan peredam kejut yang dikontrol secara elektronik dan kemudi M Servotronic (termasuk tiga mode mengemudi: Comfort, Sport and Sport Plus). Prioritas utama saat menyetel sasis BMW M5 baru adalah untuk mencapai perilaku kemudi netral, bahkan pada batas dinamis. Faktor penting di sini adalah pengembangan linier muatan transversal melintasi keseluruhan percepatan lateral. Apapun situasi mengemudi, kemudi M Servotronic elektromekanis menghasilkan torsi kemudi yang tepat. Hal ini memastikan bahwa BMW M5 baru memiliki kemudi yang sangat akurat dan selalu memberikan umpan balik yang jelas. Terlebih lagi, mobil ini bagus untuk berkendara jarak jauh, sekaligus menjadi sukacita di kota dan dalam perjalanan singkat berkat tenaga kemudi rendah yang dibutuhkan untuk manuver dan parkir.

Suspensi double-wishbone yang sudah dikenal dari as roda depan BMW Seri 5 telah dikerjakan ulang dari awal untuk BMW M5 baru dengan M xDrive. Teknisi M telah mendesain ulang setiap komponen untuk faktor karakteristik kinematik dan elastokinematik mspecific. Kestabilan arah lebih besar dari sebelumnya berkat lebar lintasan yang meningkat. Suspensi belakang lima link juga telah dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan M-spesifik. Gerak jari kaki baru yang menampilkan tunggangan karet yang lebih kaku membantu mengakomodasi tuntutan peningkatan pada dinamika berkendara dan presisi kemudi, seperti halnya bar anti-gulung yang lebih kuat dan wishbones yang lebih rendah yang telah dioptimalkan untuk kekakuan. Khusus dikembangkan untuk M5, bantalan elastomer pada poros belakang dipasang memastikan bahwa tidak ada penundaan dalam mentransfer kekuatan sasis, yang membuat penanganan langsung luar biasa. Baja tambahan X-penjepit dan penyangga transversal aluminium meningkatkan kekakuan sasis pada poros belakang, sehingga menghasilkan respons yang lebih baik. Modifikasi chassis lebih lanjut tidak terlihat secara eksternal melakukan fungsi yang tak kalah penting.

Paket chassis dan powertrain yang lengkap yang disatukan oleh para insinyur BMW M sangat bagus sehingga bahkan para pembalap berpengalaman seperti mantan bintang Formula One dan pembalap BMW Timo Glock terkesan: "Berkat M xDrive, BMW M5 baru melampaui kecepatan, dorongan tangkas yang telah kami harapkan - ini juga meningkatkan dorongan traksi dan pengendalian, baik dalam situasi sehari-hari maupun pada batas dinamis. "

Ban yang dipasang sebagai standar pada BMW M5 (275/40 R 19 di depan dan 285/40 R 19 di bagian belakang) telah dipilih secara khusus. Mereka dipasang pada velg alloy ringan lima-double-spoke di Orbit Grey yang dipoles (depan: 9,5 J x 19, belakang: 10,5 J x 19). Roda tujuh inci bertingkat dua inci dengan warna hitam atau hitam yang dipoles tersedia sebagai pilihan (depan: 275/35 R 20, di belakang: 285/35 R 20). Semua roda diberi nilai ZR, membuat mereka cocok untuk kecepatan tertinggi 305 km / jam (189 mph) yang diraih oleh BMW M5 baru dengan M Driver's Package (versi standar: 250 km / h / 155 mph).

BMW M5 baru hadir dengan rem majemuk M yang dilengkapi standar. Menjadi lebih ringan daripada item besi cor konvensional, ini memiliki manfaat berbeda untuk mengurangi massa unsprung. Di bagian depan, gaya pengereman diterapkan pada cakram rem berlubang dalam, dilapisi oleh kaliper tetap 6-piston biru yang menampilkan logo M. Deselerasi di bagian belakang disediakan rem cakram penggerak tunggal piston, juga berwarna biru, dengan rem parkir yang terintegrasi. M carbonceramic brakes juga tersedia sebagai pilihan pada BMW M5 baru. Ini langsung dikenali dari kaliper berwarna emas dengan logo M (enampiston kaliper tetap di depan, kaliper terapung satu piston di belakang) dan ringan 23 kilogram, yang berarti pengurangan lebih lanjut pada massa unsprung dan rotasi. Ini menawarkan banyak manfaat, termasuk dinamika berkendara yang lebih baik dan kenyamanan suspensi yang meningkat. Rem karbon M-M memberikan kinerja pengereman yang lebih baik daripada rem majemuk M, serta ketahanan pudar yang lebih baik dan stabilitas termal yang lebih tinggi. Terlebih lagi, mereka menahan pemakaian dengan sangat baik.

Desain Sporting M dengan perbedaan


"BMW M5 selalu mewujudkan perpaduan sempurna antara sedan bisnis dan komponen berkinerja tinggi. Jadi, Anda bisa memikirkan BMW M5 sebagai setelan disesuaikan tercepat di dunia." Inilah kata-kata yang dipilih oleh Domagoj Dukec, Wakil Presiden Desain BMW i dan BMW M, untuk meringkas brief untuk M5 baru. Seperti semua model yang keluar dari BMW M GmbH HQ di Garching, desainnya M-spesifik dan digerakkan oleh fungsinya. Sebagai contoh, trim bumper depan yang baru dirancang, dengan intake udara yang lebih besar, memiliki tugas untuk menjaga sistem pendingin dan rem yang disuplai dengan udara pendinginan - bahkan dengan penggunaan yang tepat di jalur balap. Mobil ini memiliki lintasan yang lebih lebar dari pendahulunya, dan panel samping depan (dibuat dari aluminium untuk menghemat berat) beruang tanda tangan M insang.

Desain BMW M5

Desain BMW M5

Desain BMW M5

Desain BMW M5

Juga dipahat dari aluminium adalah bonnet, yang garis-garisnya yang tepat mengukir patung eyecatching dan meluas secara visual ke dalam bentuk atap. Pada awalnya M5, atapnya sendiri terbuat dari plastik berkekuatan serat karbon yang diperkuat dengan kekuatan tinggi (CFRP).

Diffuser belakang juga telah didesain ulang. Bersama dengan rok samping, apron belakang M dan spoiler belakang M memainkan peran mereka dalam memberi M5 penampilan sportifnya, dan cermin eksteriornya memiliki desain Mspecific yang dinamis. Asupan udara pusat heksagonal di ujung depan tidak hanya memisahkan dirinya secara sculpturally dari intake udara samping, dalam contoh lain bentuk fungsi berikut ini juga menggabungkan pendingin oli.

Interiornya benar-benar tertuju pada supir; Kontrol mutlak dalam semua situasi berkendara adalah motto di sini. Pada saat bersamaan, BMW M5 menawarkan ruang untuk sampai empat penumpang, sebuah boot besar dan kenyamanan berkendara yang sangat baik. Sebagai mobil sport performa tinggi dan sedan bisnis dalam satu, ia memadukan yang terbaik dari kedua dunia.

Peralatan tanpa kompromi


Ketika datang ke peralatan di atas BMW M5 yang baru, pengalaman berkendara dinamis selalu menjadi raja. Titik tengahnya adalah kursi pengemudi, dari mana semua sakelar dan tombol dapat dioperasikan dengan kenyamanan ergonomis yang optimal. Semua fungsi mobil diletakkan langsung di jalur mata pengemudi. Klaster instrumen digital besar dari BMW Seri 5 memiliki desain M-spesifik dan terus menginformasikan driver pada mode dinamis berkendara, pengaturan sistem all-wheel-drive M xDrive dan opsi Drivelogic yang saat ini digunakan. Elemen kunci disini untuk pengemudi sporty adalah variable rpm pre-warning field dan shift lights yang menunjukkan waktu terbaik untuk mengganti gigi saat dalam mode shift manual. Data ini juga dapat dipantulkan ke M-spesifik Head-Up Display.

Hampir semua sistem dinamis pengemudi dapat dikonfigurasi menggunakan layar sentuh utama, tombol pada konsol tengah atau roda kemudi olahraga M, dan tampilan informasi utama menawarkan kontrol isyarat. Mesin M5 diaduk ke dalam kehidupan dengan menekan tombol starter merah. Di antara fitur penting untuk pengemudi dengan aspirasi olahraga adalah dua tombol M1 dan M2 yang dicat merah di samping dayung perpindahan gigi di roda kemudi multifungsi M, yang memungkinkan pengemudi mengkonfigurasi dua pengaturan individual untuk M5. Ini termasuk pilihan mereka dari karakteristik M xDrive, DSC, engine, transmission, damper dan steering, serta tampilan M view pada Head-Up Display.

BMW M5 baru dipangkas dengan kulit Merino sebagai standar. Pengemudi dan penumpang depan duduk di kursi olah raga M dengan penyesuaian listrik, pemanasan kursi dan logo M yang timbul dalam pengekangan kepala. Serta penyesuaian listrik untuk kedalaman tempat duduk, ada juga penyesuaian lebar backrest pneumatik untuk memberikan dukungan lateral optimal, yang sangat penting saat pengemudi mendorong. Kursi pengemudi juga memiliki fungsi memori. Tersedia sebagai pilihan adalah kursi M multifungsi dengan batasan kepala integral yang memberikan dukungan lebih baik di area bahu, logo M5 yang diterangi dan fungsi yang diperluas. Dengan bentuk ember bergaya balap dan sisi yang lebih tebal dari permukaan kursi dan sandaran, kursi multifungsi M menawarkan dukungan lateral yang lebih besar lagi. Untuk pertama kalinya, BMW M5 terbaru ini kini juga tersedia dengan semua sistem bantuan pendamping dan fitur yang familiar dari BMW Seri 5 terbaru.

BMW M5 baru dapat dipesan dalam berbagai warna eksterior, beberapa di antaranya hanya dipesan khusus untuk M5. Tambahan baru untuk spektrum termasuk Marina Bay Blue Metallic, warna biru yang tajam. Matt selesai seperti Frozen Dark Silver dan Frozen Arctic Grey dapat ditentukan sebagai pilihan. Di dalam mobil, aplikasi aluminium eksklusif dengan struktur karbon memberikan olahraga khusus berkembang.

M5 telah menjadi sedan sport klasik selama lebih dari 30 tahun


Sejak tahun 1984 BMW M5 telah menjadi pembawa standar untuk sedan dengan kecepatan tinggi yang lebih baik daripada tidak berteriak mengenai potensi olahraga mereka. Berbagai generasi BMW M5 selalu memiliki gen balap yang dibesarkan murni dan membebaskan diri mereka secara mengesankan di trek balap dan juga di jalan.

Trek balap BMW M5

BMW M5 yang baru mewakili generasi keenam dari Seri 5 superpower. Dan, seperti yang telah terjadi sebelumnya, model baru ini menjanjikan untuk melanjutkan catatan BMW M GmbH tentang membangun mobil sport khas yang benar-benar dapat digunakan setiap hari. Berikut adalah tampilan singkat kembali pada lima generasi BMW M5 yang sudah ada sebelumnya.

1984: BMW M5 E28S

BMW Motorsport GmbH telah mempresentasikan M535i - seri 5-Series yang sangat sporty pada tahun 1979 dan mengikutinya dengan M535i lain berdasarkan penerus E12 (E28) pada tahun 1984, sebelum generasi pertama BMW M5 (E28S) tiba di tempat kejadian di musim gugur tahun itu. Ini didukung oleh mesin enam silinder enam silinder ternama dengan perpindahan 3,5 liter dan 286 hp, yang juga membuktikan dirinya dalam kompetisi balapan dan akrab dengan mobil sport M1 bermesin menengah. Dilengkapi dengan kupu-kupu throttle individu, mesin tersebut menghidupkan M5 asli dari jarak 0 - 100 km / jam (62 mph) hanya dalam waktu 6,5 detik dan memberikan kecepatan tertinggi 245 km / jam (152 mph). Itu membuat BMW M5 pertama sedan seri empat tercepat yang diproduksi pada masanya.

1988: BMW M5 E34S / E34 / 5S

Pengenalan M5 generasi kedua (E34S) pada tahun 1988 melihat BMW Motorsport GmbH meningkatkan daya saing dengan margin yang jelas sekali lagi. Mobil baru ini mengembangkan 315 hp dari mesin straight-six, yang perpindahannya telah meningkat menjadi 3,6 liter. Itu cukup untuk menggerakkan M5 sampai 250 km / jam (150 mph) untuk pertama kalinya. Pembaruan pada tahun 1992 (dikenal sebagai E34 / 5S) mengambil perpindahan ke 3,8 liter dan menghasilkan 340 hp. Dan dari tahun 1992 Seri ├╝ber-5 juga tersedia dalam versi estat Touring, yang kelangkaannya (hanya di bawah 900 unit diproduksi) telah menjadikannya klasik muda yang sangat berharga.

1998: BMW M5 E39S

Cabang BMW AG GmbH yang diperkuat olahraga - yang merekayasa ulang BMW M GmbH pada tahun 1993 - tetap setia pada warisannya dengan generasi ketiga M5 yang diluncurkan pada tahun 1998. E39S M5 berbagi semua pernyataan meremehkan para pendahulunya. Namun, di bawah bonnet mobil baru itu ada lima liter V8 empatval, yang mengirim torsi puncak 400 hp penuh dan 500 Nm (369 lb-ft) ke roda belakang melalui gearbox manual enam kecepatan. Kecepatan tertinggi M5 baru ini sekali lagi dibatasi secara elektronik hingga 250 km / jam (150 mph), sedangkan 0 sampai 100 km / jam (62 mph) membutuhkan waktu 5,3 detik.

2005: BMW M5 E60 / E61

Untuk BMW M5 keempat (E60), M GmbH menaruh kepercayaannya pada mesin V10 bertingkat tinggi yang baru dikembangkan dengan perpindahan lima liter, yang menghasilkan output maksimum 507 hp pada alis yang meningkatkan 7.750 rpm. Unit daya empat katup membawa M5 generasi keempat dari 0 sampai 100 km / jam (62 mph) hanya dalam 4,7 detik. Untuk pertama kalinya, driver M5 bisa memiliki limiter kecepatan mobil yang diangkat dengan menentukan Paket Pengemudi M - dan mengubah M5 menjadi mobil 305 km / jam (189 mph). Tambahan baru lainnya adalah gearbox M berurutan otomatis (SMG) dengan tujuh roda gigi dan Launch Control untuk akselerasi maksimal dari telepon. BMW M5 ini juga tersedia dalam bentuk Touring (E61) - dari tahun 2007.

2011: BMW M10 M10

BMW M5 generasi kelima (F10M) naik ke panggung pada tahun 2011. Mengganti mesin V10 adalah V8 bi-turbo 4.4 liter yang memecat M5 ke dimensi baru. M5 baru sekarang berkembang hampir dua kali lipat daya (560 hp) dari M5 asli. Torsi puncak 680 Nm (501 lb-ft) juga mewakili hampir dua kali penawaran E28S (340 Nm / 251 lb-ft). Teknologi TwinPower Turbo M5 memungkinkan M5 terbaru dengan transmisi M Double Clutch tujuh percepatan untuk meluncur dari 0 - 100 km / jam (62 mph) dalam 4,3 detik dan maksimum 315 km / jam (196 mph). Ini diikuti pada tahun 2013 oleh M5 dengan Paket Persaingan, yang mengemas pukulan 575 hp. Dan pada tahun 2014 muncul model edisi khusus "30 Jahre M5" (30 tahun M5) yang menghasilkan 600 hp, yang memberikan penghormatan kepada E28S M5 asli dan hanya terbatas 300 unit. Pada 2016, penjualan mulai dari edisi khusus 600 hp "M5 Competition Edition", yang dibatasi 200 unit.

2017: BMW M90 F90

BMW M5 baru (F90) melihat BMW M GmbH menulis bab berikutnya dalam sebuah kisah sukses yang dimulai lebih dari 30 tahun yang lalu dan didasarkan pada resep yang tampaknya sederhana: kinerja olahraga yang tak terkalahkan dan kegunaan sehari-hari yang tak tercela dikumpulkan menjadi satu paket tertinggi.

Tidak ada komentar